Two at Back: Pilah Pilih Smartphone Dual Kamera Belakang Featured

Ada puluhan smartphone dengan dukungan dwikamera di bagian belakangnya . Kami akan merangkum dan mengupdate artikel ini secara reguler untuk membantu Anda memilih salah satunya.

Sudah berjarak 2 tahun ketika HTC One M8 mulai menyematkan kamera ganda di bagian belakang. Selanjutnya kita tahu  jika langkah HTC kemudian diikuti oleh vendor-vendor lain dengan teknologi dan  kombinasi yang berbeda. Kondisi ini  membuat konsumen kembali belajar mengenai jenis-jenis kamera di smartphone, begitu juga kombinasi fitur-fitur yang ditawarkan oleh kamera ganda sehingga mereka bisa memutuskan untuk memilikinya sesuai kebutuhan.

Oke, sebelum kita melompat langsung ke daftar smartphone yang memiliki dwikamera di bagian belakangnya, mari kita bedah sedikit tentang apa itu kamera ganda dan bagaimana teknologi ini bisa memberikan opsi yang lebih baik dibanding kamera tunggal.

Dua kamera, masing-masing memiliki sensor sendiri-sendiri. Letak kedua kamera biasanya berdekatan satu sama lain.

Keberadaan dwikamera  diharapkan melengkapi kemampuan yang belum ada sebelumnya di kamera tunggal dan fungsinya tak hanya untuk mengukur kedalaman gambar.

Sebagai contoh Huawei P9 yang memiliki dua sensor. Selain digunakan untuk mengukur kedalaman gambar, mereka juga menawarkan  kualitas hasil yang lebih baik karena mereka menyertakan sebuah sensor monokrom disamping sensor lensa RGB biasa.

Juga, meskipun tidak semua vendor yang mengeluarkan dwikamera memilikinya, kebanyakan smartphone yang menggunakan dwikamera memiliki kemampuan fokus yang lebih cepat. Dengan dukungan software, kombinasi dua kamera bisa memiliki kemampuan re-focusing (memfokuskan pobyek kembali) meskipun pengguna telah selesai memotret. Jika Anda ingat, teknologi ini sudah ada di beberapa kamera beberapa tahun yang lalu, namun kini, kamera di smartphone-pun juga bisa memiliki teknologi tersebut.
Nah sekarang, setelah sedikit gambaran dwikamera kita paparkan, langsung saja kita lihat daftar  smartphone dengan kamera ganda di bagina belakang.


Advan A8 - Rp2.999.000

Agak menarik melihat vendor lokal yang satu ini berusaha eksis menantang brand-brand global dnengan meluncurkan smartphone dwikamera. Meski belum resmi meluncur, informasi tentang Advan A8 ternyata sudah wara-wiri beredar di dunia maya.

Advan A8 dibekali dengan dua buah kamera yang terdiri dari satu kamera dengan sensor 13 megapiksel normal dan satu kamera 5 megapiksel yang berfungsi untuk mengukur jarak kedalaman bidang (depth of field).

Kedua lensanya diklaim akan dapat memperhitungkan latar depan (foreground) dan latar belakang (background) dari objek guna menciptakan efek depth of field yang biasanya hanya dapat dihasilkan oleh kamera DSLR. Menariknya Anda bahkan dapat mengatur tingkat keburaman objek latar belakang pasca pemotretan.

Asus Zenfone Zoom S - Rp5.999.000

Asus Zenfone Zoom S dibekali dua kamera bersensor 12 megapiksel. Kamera utama memiliki aperture f/1.7 dengan lensa 25mmm wide angle. Sedangkan kamera satunya memiliki fitur optical zoom instant 2.3x hingga 12x. Keduanya juga dilengkapi dnegan fitur OIS (Optical Image Stabilisation) dan EIS (Electronic Image Stabilisation). Selain kuat di fitur kamera, Zoom S yang memakai chipset Snapdragon 625 ini juga dilengkapi dengan RAM sebesar 4G dan memori internal 64Gb. Baterai bertenaga besar 5000mAh turut mendukung kinerja smartphon dwikamera pertama Asus ini.

Spesifikasi Asus Zenfone Zoom S klik di sini

Asus Zenfone 4 Max Pro - Rp3.000.000

Asus Zenfone 4 Max Pro memiliki kamera ganda yang terdiri dari lensa 16 MP dengan bukaan f/2.0 dan lensa wide dengan kekuatan 5 megapiksel dengan sudut pandang hingga 120 derajat.

Untuk jeroannya sendiri, ZenFone 4 Max Pro menggunakan chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 dengan CPU Quad-Core 1.4 GHz Cortex-A53, RAM 3Gb dan memori internal 64Gb. Sementara slot meori eksternalnya bisa menampung micro SD hingga kapasitas 256Gb.

Spesifikasi Asus Zenfone 4 Max Pro klik di sini

Coolpad Cool Dual Rp3.199.000

Coolpad Cool Dual memiliki dua buah kamera beresolusi 13+13MP dengan konfigurasi sensor monokrom dan RGB. Nilai plusnya, kamera kedua pada perangkat ini dapat melakukan pemrosesan perangkat lunak dengan cara mensimulasikan bukaan lensa untuk mendapatkan kedalaman efek variabel (depth of field). Dengan efek ini, Cool Dual dapat menghasilkan gambar dengan efek bokeh dengan kualitas yang alami.

Coolpad Cool Dual diperkuat dengan prosesor Snapdragon 652 1.8 GHz Octa-core serta Adreno 510 dan RAM 3GB. Android Marsmallow dipasangkan dengan antar muka EUI 5.8 yang menawarkan sistem operasi baru bagi pengguna Android. Dengan baterai 4000 mAh, waktu standby nya bisa sampai 300 jam.

Spesifikasi Coolpad Cool Dual klik di sini

Genpro Z - Rp. 1.799.000

Desas-desus muncurlnya seri terbaru besutan Evercross yaitu Genpro Z sudah kencang berhembus beberapa hari lalu. Kabarnya Genpro Z akan dibekali dengan dual camera dengan resolusi 13 MP dibagian belakang. Belum jelas bakal seperti apa konfigurasi kamera ganda tersebut dan fitur apa yang bakal mereka pamerkan.
Diketahui, dapur pacu Genpro Z akan dilengkapi dengan prosesor octacore 1.5 Ghz, RAM 4 GB,  dan internal storage sebesar 32 GB.


Huawei Honor 6X - 

Huawei Honor 6X dirilis sekitar bulan Januari 2017 setelah diperlihatkan di ajang CES 2017. 6X memiliki dwikamera di bagian belakang yang terdiri dari kamera dengan sensor 12MP dan 2MP dan hadir dengan lensa 6P dan teknologi Phase Detection Autofocus (PDAF). Salah satu kameranya meadopsi sensor monokrom dan satunya lagi memiliki sensor RGB. Kombinasi keduanya membuat pengguna bisa menghasilkan foto yang lebih indah. Hasil foto juga bisa menampilkan efek bokeh layaknya seperti yang dihasilkan oleh kamera SLR profesional.

Ngomong-ngomong soal spesifikasi lainnya, Honor 6X memiliki layar 5,5 inci full HD dan menggunakan chipset in-house besutan Huawei sendiri yaitu Kirin 655 dengan prosesor Octacore. Honor 6X ditenagai baterai sebesar 3340mAh dan mendukung teknologi fast charging.

Huawei P10 dan P10 Plus

Huawei Honor P10 dan P10 Plus mempunyai dua lensa kamera, satu lensa memiliki resolusi 20MP dan satunya lagi memiliki resolusi 12MP yang didukung teknologi Leica. Sams seperti Honor 6x, keduanya juga didukung oleh teknologi PDAF dan laser autofocus.P10 dan P10 Plus memiliki kemampuan untuk merekam video 4K dengan kerapatan 30fps dan video 1080 p pada 60fps.
Keduanya menggunakan chipset Kirin 960 Octacore  dan mempunyai kamera depan sebesar 8MP.

Huawei P9 (Rp. 6.999.000) dan P9 Plus

Huawei P9 dan P9 Plus sama-sama dilengkapi dengan dua kamera bersensor 12MP (yang memiliki fitur flush mounted) dengan satu kamera untuk mengambil gambar warna, dan satu khusus untuk monokrom. Kedua lensanya dikliam menggunakan teknologi Leica. P9 dan P9 Plus bisa menghasilkan gambar dengan ukuran pixel 1,25-mikron dan lebar F / 2.2 aperture.
Dari sisi hardware, kedua smartphone memiliki spesifikasi yang identik yaitu memakai CPU octa core Kirin 955 yang terdiri dari empat core Cortex-A72 dan empat core Cortex-A53, RAM 3GB/ ROM 32GB atau RAM 4GB /ROM  64GB, dan baterai 3000mAh. Yang membedakan keduanya adalah soal ukuran layar. Huawei P9 memiliki bentang layar 5,2 inci, sedangkan P9 Plus sebesar 5,5 inci.

Smartphone Huawei lainnya yang memiliki konfigurasi dwikamera:
•    Huawei Honor Magic
•    Huawei Mate 9 and Mate 9 Pro
•    Huawei Honor 6 Plus
•    Huawei Honor 8


iPhone 7 Plus

iPhone 7 Plus merupakan smartphone pertama besutan Apple yang memiliki fitur dual kamera belakang. Agak berbeda dengan Huwei maupun smartphone dual kamera android lainnya, iPhone 7 Pkus memiliki dua sensor kamera masing-masing dengan resolusi 12MP dimana salah satunya mampu memotret dengan sudut lebar alias wide angle, dan satunya lagi kamera telefoto. Kamera telefotonya mampu melakukan optical zooming sementara kombinasi kedua kameranya mampu menampilkan efek depth of field alias efek bokeh dnegan lebih baik.
Smartphone Apple lain yang menggunakan dua kamera belakang:
•    iPhone 8
•    iPhone X


LG G5

Keputusan LG untuk menyematkan dwikamera di LG G5 terbukti tepat. Kedua kameranya, masing-masing dengan sensor 16MP dan 8MP dilengkapi dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilization). Sensor 8Mpnya berfungsi untuk mengambil gambar dengan sudut lebar atau wide angle, sedangkan yang satunya lagi dapat merekam video 4K pada kerapatan 30fps dan video slow motion hingga 120fps.

Selain itu, LG G5 memiliki display selebar 5,2 ini Quad HD dan dilengkapi dengan chipset Snapdragon 820, RAM sebesar 4GB dan baterai 2800mAh.

LG G5 SE - Rp. 5.200.000

LG G5 SE merupakan versi 'murah' dari kakaknya, LG G5 standar. Di bagian belakang, terdapat dua buah kamera dengan resolusi utama 16MP, plus 8MP tambahan yang berfungsi sebagai kamera wide angle dengan sudut pandang hingga 135 derajat.

Kamera smartphone ini juga dilengkapi sensor infrared untuk auto fokus yang cepat dalam menangkap gambar. Semuanya tersaji dengan apik, termasuk dukungan beragam fitur kamera terkini seperti kemampuan zoom out ultra wide (0.5x) dan zoom in hingga 8x hanya dengan pinch (mencubit) layar dalam mode viewfinder kamera aktif.

LG G5 SE menggunakan chipset Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652, beda dengan LG G5 yang menggunakan Snapdragon 820. Untuk memori, LG G5 SE dibekali RAM 3GB.

LG G6 - Rp. 9.999.000

Sama seperti pendahulunya LG G5, LG G6 mempunyai dua kamera di bagian belakang . Kali ini LG memutuskan untuk memakai 2 sensor sebesar 13 megapiksel. Sensor pertama dengan f/1.8 dan fitur OIS (optical Image Stabilizer) dan PDAF sedangkan sensor kedua dengan f/2.4 dapat merekam video 4k pada framerate 30fps atau 1080p pada 60fps.

LG G6 sendiri memiliki layar 5,7 inci 4K  dengan rasio 18:9 dan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 821. G6 juga memiliki baterai berkapasitas 3300mAh dan dilengkapi dengan fitur Quick charga 3.0.

Smartphone LG lainnya yang memakai dua kamera belakang:
•    LG X Cam
•    LG V20


Moto G5s Plus

Moto G5s Plus yang baru diluncurkan akhir september lalu memiliki dua sensor kamera dengan resolusi 13MP dengan bukaan lensa f/2.0.

Salah satu satu sensor kamera dikhususkan untuk menangkap gambar monokrom dan satunya digunakan untuk menangkap gambar berwarna. Uniknya, saat pengguna memotret, kedua sensor bekerja bersamaan dan hasil foto monokrom disatukan dengan foto full color. Hasilnya  diklaim berkualitas lebih tinggi dibanding  jika menggunakan kamera tunggal.

Selain fungsi di atas, kedua sensor kamera juga bisa berfungsi sebagai “depth sensor” untuk mengukur jarak obyek. Hasil kalkulasinya akan dipergunakan untuk mengidentifikasi obyek utama dan latar sehingga bisa dipakai untuk menampilkan efek bokeh.

Moto G5 Plus sendiri dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625 dengan porsesor octacore 2.0Ghz, RAM 4GB dengan penyimpanan internal sebesar 32GB. Smartphone dnegan diagonal layar 5,5 inci ini juga dibekali dnegan baterai berkapasitas 3000mAh.

Nubia M2

Nubia M2 merupakan smartphone Nubia pertama yang dibekali dengan fitur dual kamera belakang. Kamera pertama dilengkapi sensor kamera berkekuatan 13 megapiksel dengan  fitur full color sementara kamera kedua memakai sensor monokrom. Kedua kamera memiliki bukaan lensa f/2.2.

Nubia M2 sendiri hadir dengan layar berdiagonal 5,5 inci AMOLED full HD. Tertanam pula dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 625 yang dikombinasikan dengan RAM sebesar 4GB dan pilihan media simpan data 64GB dan 128GB.


Samsung Galaxy Note 8 - Rp. 12.999.000

Samsung tak ingin ketinggalan menyuguhkan kamera ganda di smartphonenya. Flagship terbarunya, Galaxy Note 8 menyuguhkan dua kamera yang terdiri dari 12 MP aperture f/1.7 dengan lensa wide angle dan 12 MP aperture f/2.4 dengan lensa telephoto. Kedua sensornya juga telah dilengkapi fitur Dual Optical Image Stabilitization yang menawarkan 10x digital zoom.

Berbekal fitur dual-camera, pengguna otomatis dimungkinkan untuk mengambil gambar dengan efek bokeh. Sementara dengan Dual Capture Mode, pengguna juga bisa menyimpan satu gambar dalam format bokeh dan wide-angle.

Samsung Galaxy J7 Plus

Berbeda dengan Galaxy Note 8, Samsung Galaxy J7 Plus hadir dengan dua kamera dengan resolusi 13 megapiksel dan 5 megapiksel yang memungkinkan pengguna mengubah fokus obyek meski setelah pengambilan gambar.

Samsung Galaxy S7 Plus sendiri hadir dengan layar 5,5 inci FHD super AMOLED, bermesin prosesor octacore 2,39GHz, RAM 4GB, dan memori internal 32GB. J7 Plus yang ditenagai baterai sebesar 3000mAh juga menyuguhkan fitur unik berupa login ganda ke apliaksi sosial media dengan menggunakan akun yang berbeda.

 


Xiaomi Mi A1 - Rp. 3.099.000

Smartphone pertama Xiaomi yang masuk dalam proyek Android One ini mengusung dua kamera belakang, satu dengan resolusi 12Mp wide angle dan satunya lagi dengan resolusi sama 12Mp telefotoyang memiliki kemampuan 2x optical zoom dan 10x digital zoom.

Mi A1 yang berlayar 5,5 inci sendiri memakai chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 625 dengan prosesor octa-core Cortex-A53 berkecepatan 2.0 GHz, prosesor grafis Adreno 506 dengan dukungan RAM 4GB dan memori internal 64Gb.

Spesifikasi dan harga Xiaomi Mi A1, klik di sini

Smartphone Xiaomi lainnya yang memakai dua kamera belakang
•    Xiaomi Mi 6
•    Xiaomi Mi 5S Plus







Rate this item
(0 votes)
Last modified on Friday, 01 December 2017 01:11
icondeep

Technolifetyler, human

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Latest Tweets

Jago main Mobile Legend, AOV, Vainglory, game yg lg hits? Bisa nulis tips trik game mobile? Yuk gabung jadi kontrib… https://t.co/vxAtFGvyvo
Wordpress, Samsung, Reuters dan 480 Lebih Website Dipastikan Merekam Setiap Aktivitas Penggunanya… https://t.co/WU0vUD5N9q
Begini lho, cara membuat #2017bestnine di Instagram https://t.co/xjCy4pZy0I https://t.co/CBkv8yGbsm
Follow Icondeep on Twitter

Post Gallery

Desain Sama Persis, Lalu Apa Bedanya Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X?

Kami Beberkan Cara Menyadap WhatsApp Orang Lain..

Rumor Redmi Note 5: Akhirnya Xiaomi Ikuti Jejak Oppo dan Vivo

Detil Lengkap Xiaomi Redmi 5 :  Foto, Spesifikasi, Varian, dan Harga

Windows Phone Hari Ini Telah 'Mati'

Apakah Moto X4 Android One Memang Dipersiapkan untuk Menghadang Xiaomi Mi A1?

Tentang Mi A1, Smartphone Terbaru Xiaomi yang Tak Terlalu 'Xiaomi'

Angka Penjualannya Kembali Melejit, Apa Rahasia Xiaomi?

Asus Zenfone 4 Max Siap Dipasarkan?