Coolpad Cool Dual, Dual Kamera yang Harganya Tak Terlalu Mahal

Cerita soal produsen smartphone yang mulai berpikir tentang kamera ganda sejatinya sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. “Kamera Ganda adalah masa depan mobile photography,” Kata The Verge dengan optimis.

Lalu kemudian, konsep ini  diaplikasikan oleh produsen semacam LG dan Huawei…dan Apple. Meski ponsel modularnya, LG G5 kurang begitu diterima pasar, namun kamera gandanya diakui cukup lumayan. Selanjutnya, Huawei mulai memanaskan ide ini dengan dual camera dan algoritma Leicanya (orang awam mungkin akan segera menangkap gimmick ini dengan mengasumsikan bahwa P9 pakai lensa Leica, padahal tidak!).

Apple yang eksklusif pun mau tak mau sedikit menurunkan egonya dengan memasang kamera belakang Ganda di iPhone 7 Plusnya. Ketiga produsen smartphone kesohor ini (sampai tulisan ini dibuat, Samsung belum ikut-ikutan tren kamera ganda) mematok harga mahal untuk konsep dual-dualan ini.

Cerita terus berlanjut dengan konsep yang berbeda. Ada yang mengandalkan dua kamera di sisi depan untuk mengatasi keterbatasan sudut tembak kamera.. istilahnya kamera ganda untuk wefie dan selfie. Oppo F3 dan F3 Plus adalah penganut mazhab ini. LG juga setia membagi tugas dua kamera belakang berdasar hitungan lebar sudut pengambilan, sementara Huawei tetap kekeuh dengan konsep tandem RGB dan monokrom.  Yang menarik, kesan premium perlahan-lahan mulai luntur karena kamera ganda kini tak hanya milik smartphone seharga 5 jutaan keatas, namun sudah menjadi fitur bagi smartphone dengan harga lebih bersahabat (baca: murah). Tak percaya? Coba cek situs e-commerce kesayangan Anda, ada lho yang seharga 1,5 jutaan!

Meski tak murah-murah amat, bolehlah Anda yang berbudget cekak atau THRnya ngga ‘gede-gede amat’ :) untuk melirik Coolpad Cool Dual.

Harga Rp 3.199.000 dengan konfigurasi kelas menengah, hmm.. sepertinya review Kami tampaknya akan berjalan biasa-biasa saja, sampai Kami memutuskan untuk mengulik fitur kameranya terlebih dahulu…

Dual Camera Plus Fitur Pro

Andalan utama Coolpad Cool Dual ini memang terletak  pada kameranya (tapi bukankah hampir semua smartphone sekarang begitu?).

Cool Dual menggendong dua lensa kamera di bagian bodi belakang. Repot amat ya? Tapi sepertinya memang harus  karena keduanya akan bekerja simultan untuk menciptakan foto bokeh (foto dengan fokus obyek yang lebih jelas dan background yang lebih tersamar atau yang bahasa kerennya disebut efek blur) yang dinamai dengan mode SLR.

Kamera pertama berfungsi untuk menangkap gambar berwarna atau RGB, dan kamera kedua bertugas untuk mengambil gambar monokrom alias hitam putih. Kedua kamera belakangnya memiliki resolusi yang sama, yakni 13 MP dan sama-sama ber-aperture f/2.0.

mode-RGB

mode-monokrom

Foto: atas mode RGB, bawah mode monokrom

Nah, balik lagi ke mode SLR, ini sebenarnya adalah permainan pengaturan aperture untuk menentukan bagian mana yang hendak diblur. Semakin lebar aperturenya, maka efek blur di belakang obyek akan semakin besar. Anda bisa memilih aperture yang paling sempit sebesar f/16 hingga yang paling lebar yaitu f/0.95. Saat menjepret dengan mode SLR, tangan Anda diharapkan tetap steady dan pengambilan gambar tidak boleh lebih dari jarak 2M. Agak sudah dipahami? Ya sudahlah, kita simak hasil foto di bawah ini saja ya!

Foto sebelah kanan menggunakan mode SLR dengan apertur yang digeser paling lebar yaitu f/0,96 sehingga bagian belakangnya tampak lebih blur dibanding foto sebelah kiri yang menggunakan aperture paling sempit yaitu f/16. Oh ya, untuk mode SLR ini, Anda bisa menjepret obyek terlebih dahulu, baru diatur kemudian!

modus-blur

Permainan background seperti ini sebenarnya bisa dicapai dengan cara lain, jika obyeknya ngga terlalu besar. Cobalah masuk ke mode pro dan pilih fitur Ma Focus alias macro focus.  Ada slide yang bisa Anda mainkan untuk mengira-ira bagian mana dari obyek yang akan dipertajam dan bagian mana yang hendak diblur. Coba lihat perbandingan kedua foto di bawah ini: foto pertama fokus di gadis cantik, sedangkan foto kedua fokus digeser ke dua mobil di belakangnya.

ma-fokus-depan

ma-fokus-belakang

Oke, karena sudah menyinggung mode Pro, sekalian saja kita bahas fitur-fiturnya. Layaknya kamera profesional, Coolpad Cool Dual ini juga menyediakan berbagai macam pengaturan manual seperti pengaturan white balance, ISO, exposure, Ex Time. Selian itu, Anda juga bisa mengatur saturasi hiangga kontras foto yang hendak diambil . Mayan? Lumayan Lah, 3,1 jutaan sudah punya mode Pro!

mode-pro
Foto: Mode pro

Ohya, buat Anda yang malas atur ini itu dan ingin tinggal jepret saja, masih tersedia kok mode foto biasa. Tinggal fokus, dan klik! Anda sudah bisa menangkap foto dari obyek sasaran. Ada juga mode night untuk pengambilan gambar dengan kondisi minim cahaya. Masih ada noise di sana-sinisih, tapi hasil fotonya masih terlihat enak untuk dilihat. 2 foto di bawah ini memperlihatkan perbedaannya. Sama-sama diambil dalam kondisi minim cahaya, foto pertama dengan mode biasa (atas) dan foto kedua dengan mode night (bawah), terlihat bedanya?

mode-biasa

mode-night

Foto: mode biasa, mode night (atas bawah)

Eits...hampir ketinggalan.. video Cool dual ini sudah bisa merekam video dnegan resolusi 4K lho!

Kamera Selfie yang membahagiakan

Oke, pembahasan ini adalah bagian yang agak ‘rawan’ menurut saya.  Penulis di sini bukanlah orang yang suka selfie, terlebih juga tidak memiliki tampang yang ‘selfi-able’ (aha!). Jadi pada titik ini Kami memutuskan untuk menggunakan talent yang lebih fresh dan dijamin tidak akan membuat layar smartphone atau monitor Anda cepat rusak. Yuk, simak hasil selfienya

selfi1

Jika Anda melihat ada dua foto yang identik, namun salah satunya punya tanda kotak di sekitar wajah dengan tulisan aneh yang disertai angka, ..kita akan jelaskan;

selfie4

Jadi dalam mode beauty yang biasa digunakan untuk selfie ada fitur yang dinamakan ‘Facial recognition’ dimana Cool dual ini bisa memperkirakan usia Anda dan menyediakan.. ya, semacam nickname atau julukan yang mewakili karakter wajah Anda. Dari pengalaman, umur yang tercantum di foto hasil selfie biasanya lebih muda dari aslinya..(thanks God, ini penting!)

Selain itu ada fitur ‘Save face information photo’ yang akan berfungsi jika fitur ‘facial recognition’ berada dalam posisi on.  Fitur ini akan menggandakan foto selfie menjadi dua; satu foto selfie biasa dan satu foto selfie yang memuat keterangan umur dan watermark bertulisakan “Cool1 dual”…ya itu tadi, foto yang ada kotaknya di wajah.

selfie6

Meski wajah Anda sudah cukup cantik atau ganteng, tetap saja godaan untuk tampil sempurna selalu ada. Setiap kamera selfie, sepertinya punya indra keenam yang sanggup mengendus sifat narsisme luar biasa dalam diri Anda. Jadi kemudian, diciptakanlah berbagai fitur yang ‘membantu’ memperbaiki wajah tanpa harus operasi plastik ke Korea.

Setidaknya Kami melihat 4 pengaturan yang bisa digunakan untuk menyulap wajah, hingga Andapun tak akan mengenali wajah  sendiri (oke, kalimat ini mungkin terlalu lebay!). Ada fitur Whiten untuk memutihkan kulit, Smooth yang memberi efek seperti lulur bengkoang dan membuat kulit jadi lebih halus, Slim untuk membuat wajah lebih tirus tanpa melalui metode setrika wajah, serta Enlarge untuk membelalakkan mata Anda hingga menyerupai gadis-gadis anime.

 

Kinerja

Berada di harga 3 juta-an, memakai chipset Qualcomm Snapdragon 652, kombinasi RAM sebesar 3GB dan memori internal sebesar 32GB tentu menjadi sebuah nilai tambah tersendiri mengingat Asus Zenfone 3, Samsung Galaxy A9 Pro dan LG G5 SE yang memiliki harga lebih tinggi juga memakai chipset yang kurang lebih setara.

Pengujian kinerja hardware Cool Dual menggunakan aplikasi AnTuTu v6.2.7menghasilkan skor 76194. Angka ini boleh dibilang cukup oke. Pengujian selanjutnya dengan tool benchmark Geekbench 4 pun memperkuat asumsi bahwa Cool dual memiliki kinerja lumayan.

benchmark

Terakhir, coba lihat galeri gambar-gambar di bawah ini. Tampilan desain Coolpad Cool Dual difoto dari depan, belakang, samping kanan kiri dan atas bawah. Jika Anda tertarik, silakan save gambar-gambar di bawah ini, taruh di smartphone atau komputer dan mulailah cari-cari info toko atau website mana saja yang menyediakan produk ini!

cool1

cool2

cool3

cool4

cool5

cool6

cool7

cool8

  • Pilihan Warna        : Black, Grey
  • Paket Penjualan    : Handset, Charger, kabel data, buku manual, kartu garansi, screen guard
  • Harga Produk        : Rp 3.199.000,-

Spesifikasi

spek coolpad dual

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Thursday, 15 June 2017 03:00
icondeep

Technolifetyler, human

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Latest Tweets

Jago main Mobile Legend, AOV, Vainglory, game yg lg hits? Bisa nulis tips trik game mobile? Yuk gabung jadi kontrib… https://t.co/vxAtFGvyvo
Wordpress, Samsung, Reuters dan 480 Lebih Website Dipastikan Merekam Setiap Aktivitas Penggunanya… https://t.co/WU0vUD5N9q
Begini lho, cara membuat #2017bestnine di Instagram https://t.co/xjCy4pZy0I https://t.co/CBkv8yGbsm
Follow Icondeep on Twitter

Post Gallery

Desain Sama Persis, Lalu Apa Bedanya Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X?

Kami Beberkan Cara Menyadap WhatsApp Orang Lain..

Rumor Redmi Note 5: Akhirnya Xiaomi Ikuti Jejak Oppo dan Vivo

Detil Lengkap Xiaomi Redmi 5 :  Foto, Spesifikasi, Varian, dan Harga

Windows Phone Hari Ini Telah 'Mati'

Apakah Moto X4 Android One Memang Dipersiapkan untuk Menghadang Xiaomi Mi A1?

Tentang Mi A1, Smartphone Terbaru Xiaomi yang Tak Terlalu 'Xiaomi'

Angka Penjualannya Kembali Melejit, Apa Rahasia Xiaomi?

Asus Zenfone 4 Max Siap Dipasarkan?