Review Infinix S2 Pro: Dual Camera Termurah, Kamera Selfie 135 Derajat

Jika menyebut sebuah smartphone dengan bodi metal yang solid, punya kamera selfie ganda, dan fingerprint kira-kira kebayang ngga berapa kocek yang harus Anda keluarkan?

Jika Anda mengira fitur-fitur tersebut hanya ada di smartphone seharga 4 jutaan ke atas, maka tebakan Anda salah. Adalah smartphone terbaru Infinix S2 Pro, yang saat ini hadir dengan menggandeng fitur-fitur di atas ternyata dibanderol dengan harga menarik, Rp. 2.450.000.


Fitur andalan smartphone terbaru dari Infinix ini adalah kamera selfie gandanya. Salah satu kamera depannya, bisa mengambil foto selfie dengan lebar sudut hingga 135 derajat. Artinya, Anda tak perlu menggunakan bantuan tongsis untuk mengambil foto selfie rame-rame dengan banyak orang (wefie) atau dengan latar belakang pemandangan yang luas. Menarik kan?

Desain

Dengan layar IPS selebar 5,2 inci dan berlapis kaca anti gores Dragontrail 2, sahih rasanya jika Infinix S2 Pro terasa pas digenggam oleh tangan rata-rata orang Indonesia. Tak terlalu besar, namun juga ngga mungil-mungil amat. Resolusi layar HD  plus teknologi MiraVision dengan kombinasi 2.5D glass membuat layar S2 Pro tampil, indah dan tetap jelas dibaca. Kebetulan sampel yang kami uji berwarna Quartz Black sehiangga disaat layar dalam posisi off, tampilannya menjadi serba hitam dengan kesan minimalis. Selain menampilkan kesan maskulin, bodi metalnya juga memperkuat kesan kokoh dan elegan.

desain-infinix-S2-pro

Bagian belakang terasa kesat dan tak licin mengingat lapisan doff yang membungkusnya. Warna duotone dengan aksen garis horisontal di bagian atas dan bawah menambah elegan tampilan S2 Pro. Sebuah primary camera, LED Flash, dan sensor sidik jari diletakkan berurutan secara vertikal di bagian belakang.

desain-bobot-infinix-S2-Pro

Khusus untuk fitur fingerprintnya, Kami tidak menemukan kendala berarti saat mencobanya. Posisi sensor fingerprint ini cukup mudah diakses oleh jari Anda meskipun letaknya di belakang.

Untuk mengatur penggunaan fingerprint, Anda bisa menggunakan opsi standar yang disertakan di menu pengaturan. Sebagai alternatif, Infinix juga menyediakan aplikasi khusus fingerprint yang sudah tersedia di menu utama. Fingerprint di S2 Pro ini cukup  responsif. Untuk meng-unlock layar, Anda membutuhkan waktu sekitar  0,2 detik. Selain untuk membuka lockscreen, fitur fingerptint ini juga dapat digunakan memproteksi aplikasi, sebagai tombol shutter kamera, menjawab panggilan telpon, browsing foto, dismiss alarm serta call recording.

Kamera-S2-Pro

Beralih ke bagian depan, mata kami langsung tertuju pada posisi 2 kamera yang terletak di bagian atas kanan. Diameter kedua kameranya tampak timpang, dimana  kamera bagian kanan tampak sangat lebar dibanding dengan kamera sebelah kiri. Bisa dimaklumi, karena kamera bagian kananlah yang akan berperan untuk memaksimalkan foto-foto wefie dengan sudut lebar. Akan kita jelaskan lebih detil di segmen kamera. Tak ada tombol fisik di bagian depan, semuanya berupa tombol virtual yang dimeatkan di layar bagian bawah.

desain-infinix-S2-pro-a

Rangka alumunium cukup kekar mengelilingi bagian samping Infinix S2 Pro. Selain menambah aksen di sisi desain, kemunculannya juga membuat bodinya terlihat lebih tahan banting.  Port jak audio 3,5mm disematkan di bagain atas, sementara di bagian bawah terdapat dua set lubang speaker menggamit port micro USB di tengah.

Dual Camera Selfie + Wefie

S2 Pro merupakan produk Infinix pertama yang memiliki kamera ganda di sisi depan. Keduanya memiliki ‘tugas’ yang berbeda.

Kamera pertama dengan resolusi 13MP dengan aperture f/2.2 bertugas untuk mengambil foto selfie seperti biasa. Sedangkan kamera kedua dengan resolusi 8MP f/2.4 memiliki sudut bidik hingga 135 derajat. Dengan spesifikasi seperti itu, Anda bisa mengabadikan foto selfie group atau wefie tanpa menggunakan tongsis. Semua bisa tercapture dan masuk dalam satu frame.

kamera-depan

Kedua kamera depan tersebut dibekali dengan fitur beautification skala 1-9 agar tampilan wajah menjadi lebih menarik. Jika hendak ber-selfie ria dalam kondisi minim cahaya, Infinix S2 Pro juga menyediakan pencahayaan tambahan berupaLED Flash di bagian depan, jadi agak berbeda dnegan beberapa smartphone selfie yang mengandalkan displaynya sebagai sumber cahaya. Kekuatan pencahayaan LED Falsh di bagian depan dapat diatur dalam 3 mode yaitu storng, medium, dan weak.

selfie

Pengambilan gambar dengan kamera selfie biasa

selfie1

Pengambilan gambar dengan kamera selfie wide angle 1350

Kamera Utama Kaya Fitur

kamera-Infinix-S2-Pro

Beralih ke bagian belakang, kamera utama 13MP f/2.0 menjadi andalan untuk mengabadikan momen-momen menarik. Jika Anda menekan tombol shutter agak lama, maka kamera akan menangkap beberapa foto sekaligus. Sekali pencet, shutter tersebut bisa menghasilkan 40 foto dalam waktu yang berdekatan. Fitur ini tentunya berguna jika Anda hendak menangkap momen yang berlangsung cepat (misalnya saat pertandingan olahraga atau mengcapture polah tingkah anak).

hadiah-apel

indoor-infinix-asli

indoor-infinix-S2-pro-a

indoor-infinix-S2-pro

Jika Anda menggeser viewfinder ke kanan, akan terlihat berbagai mode untuk mengcapture foto seperti mode normal, profesional, beauty, night, panorama dan PiP (Picture inPicture). Khusus untuk mode profesional, ada berbagai parameter yang disediakan untuk pengambilan gambar manual layaknya kamera profesional seperti pengaturan ISO, white balance, dan fokus obyek.

Jika Anda menggeser viewfinder ke arah kiri, akan terlihat berbagai menu pengaturan seperti HDR, guideline (menampilkan garis bantu pada viewfinder), level (membantu pengambilan gambar supaya tegak lurus), dan delay capture.

Yang menarik, di menu pengaturan tersebut  Anda juga bisa menemukan berbagai cara untuk pengambilan gambar tanpa harus memencet tombol shutter. Selain menggunakan gestur huruf V di tangan, Anda bisa mengambil gambar dengan deteksi senyum, menekan bebas di semua bidang layar, atau dengan perintah suara.

Jika Anda menekan tombol more, akan ada beragam pengaturan tambahan seperti ukuran foto, front LED Flash, GPS location info, hingga membubuhkan watermark di foto.  

Kamera-setting-2-S2-pro

Ada 9 filter foto yang disertakan Infinix S2 Pro antara lain elegant, calm, movie, dan georgeus. Foto yang diambil juga bisa diedit menggunakan aplikasi bawaaan S2 Pro yang memuat lebih banyak tambahan filter dan pilihan frame. Disamping itu, aplikasi editor juga menyediakan fungsi editing lainnya seperti frame, crop, rotate, mirro, serta berbagai pengaturan warna dan kontras. Jangan lupa, Anda juga bisa membubuhkan catatan dengan fitur draw.

kamera-setting

Kamera utama Infinix S2 Pro mampu merekam video dengan resolusi full HD 1080p. Dengan dukungan aplikasi Magic Movie bawaannya, mengedit video jadi langsung bisa dilakukan di layar smartphone.

Software

S2 Pro berjalan dengan menggunakan antarmuka khas Infinix yaitu XOS Chameleon versi 2.10 yang berbasis Android 6.0 Marshmallow. Selain menyediakan sistem update yang kontinu, XOS ini juga menyediakan berbagai aplikasi untuk pengaturan, layanan dan keamanan seperti Xaccount, Xcloud, Xclub.

Aplikasi Xhide dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi-apikasi tertentu agar tidak dapat diakses oleh yang tidak berhak.  
Dengan Xtheme, Anda bisa mengatur tema S2 Pro agar tidak membosankan dan lebih personal. Ada berbagai macam tema yang bisa Anda download secara gratis. Selian itu, ada fitur untuk mengutak-atik tampilan font, tema keyboard, emoji, bahakan bisa membuat tema sendiri.

Aplikasi Xmanager menyediakan berbagai utilitis seperti membersihkan memori yang ada di smartphone (mobile cleanup), pengaturan aplikasi (App manager), pengunci aplikasi (App Lock), mengatur konsumsi data (Bandwith manager), mengatur kontak yang tidak diinginkan (harrasment block), dan mengatur aplikasi apa saja yang ebrjalan pada saat melakukan booting (Auto-start manager).

software-1

Dengan aplikasi Xpower, Anda disuguhkan 3 pilihan pengaturan daya yaitu High performance mode, normal mode, dan power saving mode.

S2 pro juga dibekali dengan aplikasi Xshare agar pengguna Infinix bisa berbagi file dengan lebih mudah. Sementara dengan aplikasi multi account, Anda yang memiliki banyak akun sosial media (misalnya Facebook dan Whatsapp) bisa mengelolanya dengan menggunakan satu smartphoen Infinix S2 Pro saja.

Meski kostumisasi XOS cukup lengkap, Infinix S2 Pro tetap menyediakan aplikasi default google seperti browser Chrome, Photo, Gmail, Google Drive, dan juga Google Play. Jadi Anda tak perlu khawatir kesulitan mengakses layanan-layanan  Google.

Hardware

Perangkat keras Infinix S2 Pro ditenagai chipset MediaTek MT6753 dengan prosesor Octa-core 1.3GHz 64-bit. Urusan grafis diserahkan pada prosesor Mali-T720, sedangkan untuk mendukung kinerjanya, S2 Pro dilengkapi dengan RAM 3GB LPDDR3 dengan memori internal 32GB.

hardware infinix S2 pro

Baterai dengan kapasitas 3000mAh didukung dengan teknologi fast charging. Dari hasil pengujian, 1 jam waktu charging mampu mengisi daya hingga 70%. Jika dikombinasikan dnegan aplikasi manajemen daya Xpower, maka konsumsi daya juga bisa lebih dihemat.


Infinix S2 Pro sudah mengadopsi teknologi jaringan 4G LTE dengan dua mode FDD dan TDD. Dua slot sim Card membuat Anda tak bergonta-ganti SIM operator.   Smartphone ini juga meneydiakan koneksi WiFi IEEE 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.0 serta micro USB yang sudah OTG enable untuk membaca flashdisk.

Hasil Benchmark

benchmark-1

benchmark

 

AntuTu v6.2.7

3918

Quadrant Standard

3270

GeekBench4 (CPU) Single-core

618

GeekBench4 (CPU) Multi-core

2550

GeekBench4 (Compute)

1845

 

Kesimpulan

Infinix S2 Pro menawarkan dua opsi penting sekaligus: kemampuan selfie dan harga yang bisa diterima pasar. Fitur kamera wefie dengan sudut lebar 135 derajat menjadi daya tarik sendiri bagi yang hobi selfie group atau dengan banyak orang. Di segmen dual kamera depan, Infinix S2 Pro merupakan prodyuk termurah yang bisa Anda temui saat ini.3

Spesifikasi

spek infinix S2 Pro

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Thursday, 15 June 2017 02:59
icondeep

Technolifetyler, human

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Latest Tweets

Jago main Mobile Legend, AOV, Vainglory, game yg lg hits? Bisa nulis tips trik game mobile? Yuk gabung jadi kontrib… https://t.co/vxAtFGvyvo
Wordpress, Samsung, Reuters dan 480 Lebih Website Dipastikan Merekam Setiap Aktivitas Penggunanya… https://t.co/WU0vUD5N9q
Begini lho, cara membuat #2017bestnine di Instagram https://t.co/xjCy4pZy0I https://t.co/CBkv8yGbsm
Follow Icondeep on Twitter

Post Gallery

Desain Sama Persis, Lalu Apa Bedanya Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X?

Kami Beberkan Cara Menyadap WhatsApp Orang Lain..

Rumor Redmi Note 5: Akhirnya Xiaomi Ikuti Jejak Oppo dan Vivo

Detil Lengkap Xiaomi Redmi 5 :  Foto, Spesifikasi, Varian, dan Harga

Windows Phone Hari Ini Telah 'Mati'

Apakah Moto X4 Android One Memang Dipersiapkan untuk Menghadang Xiaomi Mi A1?

Tentang Mi A1, Smartphone Terbaru Xiaomi yang Tak Terlalu 'Xiaomi'

Angka Penjualannya Kembali Melejit, Apa Rahasia Xiaomi?

Asus Zenfone 4 Max Siap Dipasarkan?